Rabu, 23 November 2011

Internet Marketing & A glimpse of their ethics?

Yap, kalo kita berbicara tentang yang namanya internet saat ini menjadi suatu hal yang sangat2 'membumi' dengan masyarakat Indonesia saat ini, baik di kota-kota kecil hingga Besar tentunya. Peranan internet begitu kental berasa, sadar gak sadar hampir setiap harinya pasti kita menggunakan yang namanya internet ini. Fungsi dari internet itu sendiri sebenernya bervariasi dengan jangkauan yang luas pula. Mulai dari fungsi intinya yaitu mencari informasi, berbagi pikiran, bekerja, bahkan yang saat ini makin marak ialah berbisnis di internet / istilahnya 'bisnis online'. disebut online mengapa? yap, karena semua aktivitas dilakukan melalui jaringan yang tersambung dengann server tertentu.


Nah, kembali ke bisnis online (let's say: BO) tadi.. sudah ada ribuan, jutaan bahkan tidak terhitung banyaknya jumlah website / situs yang menerapkan BO tadi. dalam suatu bisnis tentunya ada sesuatu yang ditawarkan baik itu berupa barang / produk ataupun jasa ke pelanggan. oke, ini dia maksudnya... Internet Marketing berarti memasarkan, menawarkan, maupun menjual barang / jasa melalui media internet. ooow gitu ya :)...


"Marketing practice is now busy integrating the potential of information and communication technologies through the utilization of databases and Internet marketing. Billions of potential consumers can now be reached this way".


That's why, kenapa saat ini yang terlintas di benak / pikiran orang ketika akan mencari tentang 'apapun' selalu mengakses internet terlebih dahulu. Sayangnya tidak semua informasi yang ditampilkan dari media internet tersebut benar adanya, tidak sedikit ada pihak-pihak yang memanfaatkan akses tersebut untuk melakukan penipuan, pemerasan, dll.. Sebenernya dalam berinternet dia juga memiliki kode etiknya sendiri. Nah, bagaimana cara untuk kita (sebagai pengusaha/ yang memiliki bisnis) agar aman serta dapat mengoptimalkan bahkan menghasilkan keuntungan dalam penggunaan internet tanpa harus tertipu / terjebak dengan info2 yang menyesatkan bahkan merugikan? Serta bagaimana pula menilai marketing yang dilakukan oleh pebisnis / perusahaan yang berkecimpung di dunia maya (internet), Yap, bisa kita liat dari 7 aspek berikut..


Menurut jurnal Gauzente, Claire and Ashok Ranchhod. 2002. "Ethical Marketing for Competitive Advantage on the Internet" Academy of Marketing Science Review Vol. 2001 No. 10.
Terdapat 7 jenis metode yang dapat digunakan, yaitu:
1. Notice = Mengindikasikan konsumen terkait dengan informasi yang diperoleh, bagaimana menggunakannya, apakah akan diungkapkan ke pihak ketiga / orang lain dan apakah cookies akan digunakan atau tidak.
2. Choice = Apakah konsumen diberikan pilihan untuk menyetujui aspek / hal dari pengumpulan informasi tsb?
3. Access = Konsumen memiliki akses untuk memperoleh informasi? apakah konsumen diberikan peluang untuk melihat review dan mengkoreksi informasi?
4.
Contact = Konsumen diberikan kontak person atau alamat untuk mengajukan pertanyaan / mendaftarkan keluhan terkait pembajakan?
5. Security = Keamanan dari proses transfer/pertukaran informasi dan penyimpanan selanjutnya.
6.
horizon (time element) = Berapa lama perusahaan dapat mengakses informasi konsumen
7. I
ntrusiveness = Besar / tingkatan campur tangan yang dilakukan, seperti terlihat di gambar di bawah ini:


"Correct interpretation of these practices leads to empowered consumers creating greater benefits for the firm and for the".

"The very interactiveness of the Internet creates new and serious ethical problems reflected by the use of short-term aggressive actions. Firms that follow ethical marketing stances are likely to be more competitively advantaged in the future." In the long run, increasing ethical interactivity is likely to produce consumers who feel empowered, creating competitive advantage for a firm and satisfaction for the consumers.

Intinya ialah jika kita akan melakukan / menerapkan Internet Marketing maka perlu diperhatikan 7 aspek tersebut, sehingga konsumen menjadi puas (loyal) dan tentunya bisnis yang kita lakukan akan mempunyai Nilai Lebih baik dari segi pelayanan, keamanan maupun penghasilan yang akan diperoleh jika dibandingkan dengan bisnis yang asal nongol di internet.

Ok, that's it for today All ;)

For reference, please click here.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar