Minggu, 06 November 2011

Qurban = Bukti Cinta

Sebelumnya izinkan saya mengucapkan:

"Selamat Idul Adha 1432 H"
Mohon Maaf Lahir dan Bathin

Jadi teringat akan khotbah yang disampaikan ketika selesai shalat Ied kemarin :).. isinya tentu saja seputar makna dan hakikat qurban itu sendiri,..

Intinya dari yang saya tangkap ialah bahwa sebenarnya siapapun yang menyatakan dirinya mencintai penciptaNya, keluarganya (suami, istri, anak, sanak saudara), seseorang, atau apapun juga pasti membutuhkan Bukti bahwa ybs memang benar2 mencintai.

Dalam kasus Idul Adha kemarin berarti salah satu bukti cinta kepada Ilahi ialah dengan mengurbankan hewan seperti sapi, kambing dan domba. sekarang bentuk penyaluran hewan qurban pun sudah sangat beragam seperti yang dikelola oleh beberapa organisasi / badan sosial yang insyaAllah amanah: Rumah Zakat dengan program Super Qurban dan Dompet Dhuafa dengan Tebar Qurban. Selain itu memudahkan masyarakat modern saat ini yang sibuk dengan aktivitas pekerjaannya sehingga tidak sempat melakukan transaksi pembelian hewan qurban secara langsung, dengan adanya badan tersebut sungguh sangat membantu umat.

Melihat fenomena yang terjadi di masyarakat kita bahwa di suatu daerah / komplek perumahan daging qurban pasti berLimpah ruah... padahal daging tersebut sudah dibagikan kepada warga sekitar, atau ponpes2 sekitar, pasti masih berlebih juga... ironisnya di daerah lain 1 kampung contoh hanya bisa qurban 2 kambing saja.. dan juga kita tidak bisa menduga kapan suatu musibah akan menimpa kita, jadi alangkah baiknya jika qurban yang kita laksanakan lebih optimal lagi dalam penyalurannya dan benar-benar bermanfaat bagi saudara2 kita yang berlokasi di daerah terpencil maupun terkena musibah.

Alhamdulillah, saya jg termasuk yang mengamanahkan hak umat yang membutuhkan bantuan tsb melalui salah satu badan tersebut. Selain itu menurut sya program SQ dari Rumah zakat sangat bagus, karena selain membagikan kepada yang membutuhkan hingga ke pelosok2 negeri, daging qurban akan dikemas dalam bentuk kornet, sehingga jangka waktu penyimpanan pun bisa lama yaitu 3 bulan bila dibandingkan dengan daging qurban yang tidak diolah hanya tahan 3 hari saja. Ketika ada musibah, maupun bencana yang tidak terduga, daging hewan qurban yang telah dikornetkan pun bisa bermanfaat bagi umat (info lengkap bisa dilihat di: http://www.superqurban.com/).


Jenis-jenis program tersebut bagusnya lagi ialah dapat membantu memperbaiki perekonomian bangsa ini. Dikarenakan ada pelibatan masyarakat dalam pengkornetan tsb :)... Semoga saja semakin banyak badan / organisasi sosial yang amanah lainnya yang bisa mencontoh sehingga kita bisa menjadi umat yang lebih baik lagi bagi bangsa maupun agama kita.. Aamiin...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar